Pada penulisan karya ilmiah baik berupa makalah, skripsi, tesis, disertasi atau laporan dan sejenisnya tentu saja anda perlu menambahkan nomor halaman. Dalam penomoran halaman sebenarnya tidak terbatas pada satu format saja. Misalnya anda harus memisahkan antara cover, halaman daftar isi, pembahasan dan penutup serta daftar pustaka karena format halaman yang berbeda. Misalnya cover sampai daftar isi menggunakan angka romawi kecil, bab satu sampai penutup menggunakan angka.

Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya di microsoft word sudah menyediakan berbagai fitur tersibut. Anda bisa menggunakan format penomoran halaman berbeda-beda pada satu document word. Jadi anda tidak perlu memisahkan antara document satu dengan document lain yg sebenarnya masih bisa diletakkan dalam satu document karena berbeda format penomoran halaman.

Berikut saya akan share bagaimana cara membuat nomor halaman berbeda-beda di microsoft word 2010 keatas, pada kali ini saya menggunakan office 2016.

1. Pertama, saya anggap anda sudah mempunyai document word yg siap untuk diberi nomor halaman. Silahkan taruh kursor di halaman awal, sebelum menambahkan halaman lebih baik atur format terlebih dahulu pilih Insert > Page Number > Format Page Number 
2. Halaman pertama sampai beberapa halaman berikutnya seperti daftar isi dll biasanya menggunakan angka romawi kecil, silahkan atur angka romawi kecil seperti berikut.
3. Halaman berikutnya yaitu bab satu sampai penutup menggunakan nomor halaman angka. Sebelum mengatur page number silahkan pilih Layout > Break > Next Page . Fungsinya untuk memutuskan section yang pertama dan membuat section berikutnya. 
4. Setelah langkah 3 selesai, silahkan atur penomoran halaman lagi , tetapi atur formatnya menggunakan angka dan di mulai dari nomor 1 . seperti gambar berikut
5. Selesai. Untuk lebih jelasnya bisa lihat Youtube dibawah ini.