Terkadang untuk menjaga kerahasiaan sebuah file word atau document yang bersifat penting kita perlu memberikan sebuah pengaman atau password agar hanya orang-orang tertentu yang bisa mengakses document tersebut.

Untuk menangani hal tersebut Microsoft Word sudah membubuhkan password untuk menjaga kerahasiaan document yang kita buat. Bagaimana caranya ? berikut adalah langkah-langkahnya, pada artikel ini yang di gunakan adalah word 2016. Bisa juga digunakan di word 2010 sampai 2019.

1. Langkah pertama Pilih Ribbon File , Kemudian Pilih Info - Protet Document , Pilih Encrypt With Password. Seperti gambar dibawah ini.
2. Selanjutnya silahkan masukan kata sandi yg akan digunakan, kemudian Pilih Ok. Untuk mengkonfirmasi silahkan masukan kembali kata sandi yang telah dibuat pada Form Password. Bisa dilihat pada gambar dibawah
3. Untuk mengetahui apakah document sudah terpasang password atau belum silahkan tutup dan buka kembali document. Jika anda diminta untuk memasukan password berarti langkah-langkah tadi sudah benar. Lebih baik anda menulis kata sandi atau menaruh di tempat yg aman karena jika sampai lupa kemungkinan tidak bisa di buka.