Organisasi Siswa Intra Sekolah (disingkat OSIS) adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari sekoah menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). OSIS diurus dan dikelola oleh murid-murid yang terpilih untuk menjadi Pengurus OSIS.

Biasanya organisasi ini memiliki seorang guru pembimbing dari guru yang dipilih dan di beri mandat oleh pihak sekolah. Anggota OSIS adalah seluruh siswa yang berada pada satu sekolah tempat OSIS itu berada. Seluruh anggota OSIS berhak untuk memilih calonnya untuk kemudian menjadi pengurus OSIS.

Baca Juga :
Anggota OSIS di sekolah-sekolah di Indonesia setiap tahun menyelenggarakan kegiatan untuk belajar politik dan demokrasi , yaitu Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS. Melalui pengurus OSIS sebagai panitia kegiatan maka dibentuklah lembaga internal yang bernama Komisi Pemilihan OSIS (KPO). Sama halnya dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di pemerinthan Indonesia, lembaga ini bertugas untuk menyelenggarakan kegiatan pemilu Ketua dan Wakil Ketua OSIS di setiap sekolah.

Untuk mensukseskan kegiatan tersebut, maka diperlukan adanya persiapan yang matang. Seperti menyediakan surat suara, kotak suara, kampanye calon ketua dan wakil ketua dan sebagainya. 

Baca Juga :
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah contoh desain surat suara dan logo komisi pemilihan osis. Mungkin desain logo ini bisa menjadi acuan bagi anda. Exsistensi gambar menggunakan format Photosop silahkan coment jika anda membutuhkan file tersebut karena menurut saya skill dasar desain sudah bisa membuat desain sederhana seperti ini.

  • Desain logo Komisi Pemilihan OSIS
  • Desain Surat Suara Pemilihan Ketua OSIS Depan
  • Desain Surat Suara Pemilihan Ketua OSIS Belakang