Dalam dunia kerja atau dunia pendidikan sudah semestinya berlalu lalang dengan aplikasi pengolah kata maupun angka, yang digunakan untuk menyelesaikan tugas dalam pekerjaan sehari-hari. Salah satunya adalah Microsoft Excel, aplikasi besutan Microsoft ini adalah yang paling populer dalam sistem operasi windows karena kemudahan dan fitur yang sudah mumpuni.

Untuk mempermudah menyelesaikan pekerjaan anda, Microsoft menyediakan rumus-rumus excel dari yang sederhana sampai yang tingkat kerumitannya tinggi. Karena saya tidak mau yang tinggi-tinggi maka saya akan share rumus excel sederhana yang sering dipakai untuk mempermudah perkerjaan sehari-hari.

Baca Juga :

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut..

1. SUM
Fungsi rumus SUM adalah mencari penjumlahan atau menjumlahkan, Rumus ini yang paling sering digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.
  • Buatlah tabel yang berisi beberapa angka untuk dijumlahkan, Contoh : Pada Colom jumlah ketikan =SUM(G10:H10) Kemudian tekan Enter! Maka akan menampilkan jumlah data G10 sampai H10 . Pada baris berikutnya tinggal anda tarik di pojokan kanan bawah Colomn jumlah agar tidak perlu menulis ulang rumus.

2. AVERAGE
Fungsi rumus ini adalah untuk mencari rata-rata suatu variabel. Silahkan ketik rumus di colom rata-rata , Misal =AVERAGE(G10:I10) . Maka rumus average akan mencari rata-rata dari data G10 sampai I10, kemudian tekan enter maka akan otomatis menampilkan hasil
3. MIN
Fungsi dari rumus ini adalah untuk mencari nilai terendah dalam suatu variabel data. Contoh : Ketikan rumus di kolom nilai terendah =MIN(G10:G14) maka rumus MIN akan mencari dan menampilkan nilai yg paling rendah antara data G10 sampai G14 . 
4. MAX
Fungsi rumus MAX adalah kebalikan dari rumus MIN yaitu mencari nilai terendah dalam suatu variabel data. Contoh : Ketikan rumus di kolom nilai tertinggi =MAX(G10:G14) maka rumus MAX akan mencari dan menampilkan nilai yg paling tinggi antara data G10 sampai G14 . 
5. COUNTIF
Berfungsi untuk menghitung jumlah cell dalam suatu range dengan kriteria tertentu. Contohnya untuk mencari jumlah laki-laki dan perempuan dalam suatu data.
6. COUNTA
Fungsinya adalah untuk mencari jumlah cell yang terisi, misalkan ada sebuah tabel yang terdiri dari 100 kolom dan kita ingin mengetahui berapa kolom yang terisi.

7. RUMUS DATE
Fungsi dari rumus DATE adalah untuk mendapatkan type data berupa DATE dengan memasukan angka tahun, bulan. hari secara terpisah. Contoh fungsi DATE data Year, Mount dan Day dalam bentuk angka yang terpisah seperti gambar dibawah ini.
8. RUMUS LOWER, UPPER & PROPER
Fungsi ketiga rumus diatas adalah untuk merubah format huruf di Microsoft Excel. Lower berfungsi untuk merubah huruf besar menjadi kecil semua.

Fungsi rumus upper adalah mengubah semua text yg berupa huruf kecil menjadi huruf besar semua rumus fungsi ini merupakan kebalikan dari lower

Fungsi rumus proper adalah untuk merubah huruf pertama menjadi besar dan huruf selanjutnya menjadi kecil.