Saat ini pemerintah sedang mengintruksikan kepada masyarakat untuk bekerja di rumah, beribadah di rumah dan belajar di rumah akibat wabah/pandemi Covid-19 di negara kita. Akibatnya kegiatan belajar mengajar terpaksa diliburkan dan diganti belajar di rumah.

Nah.. karena kegiatan belajar di rumah masih berlanjut sampai saat ini hingga waktu yg tidak di tentukan dan kemungkinan sampai waktu ujian tiba. Maka dari itu saya akan share cara untuk membuat soal ujian online yang simpel tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga yang pastinya tanpa terkendali sinyal atau server yaitu Google Docs yang disediakan oleh Google Drive.

Baik, langsung saja.. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Silahkan buka browser anda, bisa menggunakan chrome, mozilla, opera dll. tapi pada kesempatan kali ini saya menggunakan Chrome. kemudian silahkan Login menggunakan akun gmail anda, jika tidak punya silahkan anda buat terlebih dahulu karena untuk masuk ke google docs kita harus mempunyai akun gmail.

2. Jika sudah berhasil Login silahkan masuk ke google drive dengan cara pilih kotak kanan atas sebelah foto profil kemudian pilih drive
3. Selanjutnya, pilih drive saya - lainnya - google formulir - dari template ( kita menggunkan template saja agar tidak mulai dari awal, tapi sebenarnya sama saja )
 4. Langkah selanjutnya memilih template yang sesuai dengan kebutuhan. Saya kali ini memilih template pendidikan (penilaian) karena kebutuhan saya kali ini untuk ujian online.
5. Kemudian kita setting temanya dulu biar enak dilihat, pilih tema pada lingkaran merah kemudian akan keluar form setting tema seperti dibawah. Anda bisa mengatur dari header sampai warna background. untuk header anda bisa membuat terlebih dahulu di software photoshop atau sejenisnya dengan ukuran panjang 3.7 cm dan lebar 15 cm. anda juga bisa memilih jenis font akan tetapi font yg disediakan terbatas. Jika dirasa setting tema sudah pas silahkan close maka akan otomatis tersimpan.
6. Karena kita menggunakan template maka otomatis ada dan kita tinggal mengedit. Penilaian saya rubah menjadi judul atau kop ujian kemudian deskripsi saya rubah menjadi nama mapel. Selanjutnya pada kotak merah berisi nama yang ditujukan untuk siswa agar mengisi nama masing-masing. Jawaban singkat bisa dirubah menjadi pilihan ganda, paragraf dll. tetapi karena hanya nama maka jawaban singkat saja sudah cukup dan jangan lupa aktifkan wajib isi di bawah agar tidak sampai kosong ketika dikirm.
7. Pada tahap ini kita ke pengisian soal dan jawaban yang akan saya jelaskan sesuai keterangan nomor dibawah ini.
Nomor 1 : Kolom untuk pengisian soal. Soal bisa di ketik langsung atau di copy paste
Nomor 2 : Tombol untuk menyisipkan gambar (seperti gambar fb dibawah)
Nomor 3 : Sistem jawaban menggunakan pilihan ganda, jika anda klik disana ada banyak pilihan misalnya seperti jawaban singkat , jawaban paragraf (panjang), cek list dll.
Nomor 4 : Anda bisa mengisi jawaban soal dan tekan enter untuk ke jawaban berikutnya (dari A ke B misalnya)
Nomor 5 : Wajib diisi saya sarankan diaktifkan agar semua soal terjawab. 
Nomor kosong tapi ada kotak merah (maaf lupa) : Tombol ini berfungsi untuk menambah pertanyaan, import pertanyaan, Informasi dan deskripsi, menambahkan gambar dan video. 
8. Setelah soal dan jawaban sudah selesai selanjutnya kita setting kunci jawabannya. Silahkan pilih Kunci Jawaban seperti di kotak merah.
9. Setelah Klik kunci jawaban selanjutnya pilih jawabanya, kemudian pada anda bisa memberi nilai poin persatu soalnya tergantung jumlah soal. Kemudian anda tinggal menambahkan soal berikutnya yang mana prosesnya sama dengan menambahkan soal pertama
10. Jika semua dirasa sudah selesai dan benar anda tinggal pilih Kirim di kanan pojok atas maka otomatis soal kita akan selesai dan kita akan diberi link untuk mengerjakan soal tersebut.

11. Selanjutnya kita tinggal menunggu respon atau hasil soal ujian yang dikerjakan siswa di Menu Respons. Anda juga bisa melihat hasilnya di spraedsheet agar lebih efisien. seperti gambar dibawah