Bagi kalian yang sudah sudah familiar dengan Microsoft Office maka tidak akan kaget karena jika mencari ukuran kertas F4 atau Folio tidak akan kalian temukan. Hal ini karena ukuran kertas F4 tidak masuk standar internasional. Aneh bukan ? Ya.. padahal kebanyakan kantor dan sekolah di Indonesia justru kebanyakan menggunakan kertas F4.

Saya sendiri sebenarya lebih suka menggukan ukuran kertas A4, karena Dokumen-dokumen resmi seperti Skripsi, Ijazah, Jurnal dll pasti menggunakan ukuran kertas A4. Tetapi karena kebutuhan tertentu mau tidak mau kita harus mengikuti aturan tersebut.

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi bagaimana menambahkan ukuran kertas A4 di Microsoft Office Excel 2016. Berikut langkah-langkahnya.

1. Silahkan kalian buka Office Excel.
2. Kemudian, Pilih Page Layout - More paper Size
3. Selanjutnya akan keluar Form Page Setup, kemudian pilih Options.
Gambar 2
4. Kemudian akan keluar Form Epson Properies. Pada Document Size Pilih User Defined yang artinya kita ingin membuat ukuran kertas sendiri. Pilih Ok!
5. Kemudian kita bisa membuat ukuran kertas F4. Masukkan judul atau nama kertas terlebih dahulu kemudian simpan. Setelah itu hasil simpanan akan keluar di kolom paper size tepatnya di bawah user-defined, pilih nama kertas tersebut baru kemudian setting ukuran sesuai ukuran kertas F4 yaitu 210 cm x 33 cm.Setelah itu Ok!.
6. Setelah semua berhasil maka otomatis ukuran kertas F4 akan keluar di Page Layout - Paper Size atau di Page Setup.